31 Agustus 2024, 05:38:52
Dilihat: 24x
Dengan event marketing, konsumen memiliki kesempatan langsung untuk berinteraksi dengan produk, hal yang tidak bisa mereka dapatkan melalui strategi pemasaran lainnya. Berikut ini adalah beberapa fungsi dan tujuan dari strategi event marketing:
1. Meningkatkan Permintaan terhadap Produk atau Jasa
Tujuan utama dari event marketing adalah meningkatkan permintaan terhadap produk atau jasa. Seluruh strategi pemasaran akan berfokus pada tujuan ini. Namun, event marketing memiliki kemampuan untuk membuat tujuan ini menjadi lebih berkesan dan personal bagi konsumen.
Oleh karena itu, banyak perusahaan besar yang menekankan pentingnya event marketing saat meluncurkan produk baru.
2. Membuat Produk atau Jasa Diterima oleh Konsumen
Untuk dapat diterima oleh masyarakat, suatu produk memerlukan pendekatan emosional dan personal. Inilah fungsi utama dari event marketing. Berbagai strategi event marketing akan mengatur segala hal yang mendukung jalannya acara, sehingga pesan produk dapat diterima dengan baik oleh para peserta.
3. Memperluas Jaringan
Dalam event marketing, terlibat banyak pihak. Selain tim penyelenggara, ada pihak eksternal yang mungkin menjadi mitra kerja di masa depan. Investor dan pesaing juga menjadi bagian dari jaringan bisnis. Dengan suksesnya sebuah event, sangat mungkin para investor tertarik untuk mendanai perusahaan Anda.
4. Mendapatkan Keuntungan
Pihak penyelenggara event tentunya mendapatkan keuntungan dari penjualan tiket dan sponsor. Selain itu, peningkatan penjualan produk atau jasa juga merupakan keuntungan lainnya. Event marketing yang sukses dapat memberikan dampak tersebut setelah event berlangsung.
Sumber: https://pasla.jambiprov.go.id/strategi-event-marketing-pengertian-fungsi-dan-contoh/